Pertanyaan dan Jawaban Akuntansi Manajemen Keuangan

1. Jelaskan pengertian tentang Manajemen Keuangan dan sebutkan dan jelaskan jenis perusahaan pelayaran sesuai wilayah operasinya? 

Jawab:
Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan. 
Jenis perusasaan pelayaran
a. Pelayaran lokal : beroperasi dalam 1 atau 2 provinsi terbatas pada radius 200mil.
b. Pelayaran pantai/antar pulau/nusantara/interinsulair : beroperasi meliputi perairan di indinesia.
c. Pelayaran rakyat : dengan kapal kecil mengangkut muatan dari pedalaman.
d. Pelayaran perintis : merupakan penugasan dari pemerintah untuk melayani daerah minus tertinggal.
e. Pelayaran samudra : beroperasi antar negara mengangkut muatan ekspor/import.
f. Pelayaran cross trading : melayani angkutan antarnegara di luar negerinya.
2. Pada perusahaan pelayaran yang rutenya panjang per voyage perlu dikendalikan/dikontrol (Pengendalian Anggaran) ada berapa tahap? Sebutkan dan jelaskan!
Jawab:
a. Pemrograman
Pemograman adalah proses memilih program tertentu untuk kegiatan-kegiatan organisasi program menggambarkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan organisasi dalam rangka pelaksanaan strategi. Pada perusahaan yang berorientasi pada laba, setiap produk atau lini produk (product line) merupakan program.

b.Penganggaran 
Anggaran operasi sebenarnya adalah rencana tindakan yang dinyatakan dalam satuan uang, pada proses penganggaran, penyusunan dilakukan dengan mengumpulkan anggaran bagian dan divisi yang merupakan tanggungjawab para managernya.
Proses penyusunan anggaran pada dasarnya merupakan negosiasi antara manajer pusat pertanggungjawaban dengan atasannya untuk menerapkan apa yang harus dilakukan manajer dan bagaimana caranya.
Operasi dan pengukuran
Selama periode operasi aktual, pencatatan dilakukan terhadap sumber daya yang digunakan, dinyatakan sebagai biaya dan pendapatan yang diperoleh. Catatan ini dilakukan sedemikian hingga setiap data biaya dan pendapatan diklasifikasikan menurut program dan pusat pertanggungjawaban data yang diklasifikasikan digunakan sebagai dasar pemrograman yang akan datang. Untuk tujuan terakhir data aktual dari hasil dilaporkan dengan cara yang memungkinkan perbandingan dengan anggaran.
Pelaporan dan analisis
Sistem pengendalian manajemen berfungsi sebagai alat komunikasi. Informasi yang dikomunikasikan terdiri dari data akuntansi maupun non-akuntansi.
Pelaporan juga digunakan sebagai alat pengendalian beberapa diturunkan dari analisis yang mengembangkan rencana dan membandingkan hasil aktual dengan hasil yang direncanakan. Berdasarkan laporan formal ini dan juga berdasarkan informasi yang diterima lewat saluran non-formal, manajer memutuskan apa yang harus dilakukan.

3. Jelaskan tiga alasan utama untuk mempertahankan kas pada perusahaan pelayaran?
Jawab:

a. Motif transaksi : untuk kelancaran transaksi antara lain untuk pengeluaran yaitu biasa operasi. Umumnya biaya dengan tunai akan lebih rendah dan lebih efisien
b. motif berjaga-jaga : untuk menjaga fluktuasi kebutuhan dana yang dipengaruhi oleh tingkat ketepatan dalam meramalkan aliran kas dan kemampuan perusahaan untuk meminjam jangka pendek
c. motif spekulasi : dengan menggunakan kelebihan kas untuk membeli surat berharga dengan tujuan memperoleh defiden atau bunga, kemudian menarik lagi kas dengan menjual surat berharga bila membutuhkan kas.
 
4. Untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan kas ada beberapa teknik pengaturan kas. Sebutkan dan jelaskan?

Jawab:
a. Memanfaatkan masa mengambang, masa mengambang didefinisikan sebagai perbedaan antara saldo yang diperlihatkan pada buku cek dan saldo pada catatan bank 
b. mempercepat penerimaan : misal = pembayaran dimuka , diminta membuka cek mundur, pemberian cash discout sehingga pelanggan tertarik untuk membayar tunai 
c. memperlambat pembayaran : cara yang lazim dilakukan adalah membuka bilyet giro dengan tanggal  mundur untuk tagihan jatuh tempo. Penggabungan bbrp tagihan sekaligus dan pengeluaran kas sesuai tanggal piutang yang terbaru yang jika waktu pelunasan paling lama
d. mengkonfersikan uang kas kepada surat berharga atau sebaliknya : yaitu menyimpan uang kas dan membiarkan karena kas merupakan aktiva yang tidak menghasilkan laba, jika dipakai untuk biaya operasional ( membayar pekerja, pajak) jumlah kas ditekan sampai jumlah minimum sesuai yang diperlukan untuk menjalankan usaha saja dan sisanya jika didepositokan akan menghasilkan bunga.
 
5. Sebutkan dan jelaskan, 4 unsur pada aliran kas pada Perusahaan Pelayaran? 

Jawab: 
a. Penerimaan eksploitasi = pendapatan tunai dari usaha pelayaran + usaha keagenan + usaha lain lain (hanya yang tunai, jadi masih ada piutang)
b. pengeluaran eksploitasi = biaya-biaya yang dibayar tunai untuk biaya operasi langsung (tidak termasuk biaya penyusutan) + biaya operasi tidak langsung
c. penerimaan transaksi finansial adala penerimaan diluar usaha (jasa giro, menjual aset, terima imbrusment dari asiransi, piutang, pinjaman, terima uang muka, penerimaan dari pihak ketiga.
d. peneluaran transaksi finansial adalah penngeluaran diluar usaha (membayar ganti rugi atas cargo claim, membayar utang jangka pendek dan jangka panjang, pengeluaran inestasi, pembayaran bunga, pajak, mengeluarkan uang untuk disimpan sebagai deposito berjangka, pembayaran uang muka kepada agen, membayar utang membayar agen atau pricipal.

6. Dalam Pengelolaan piutang ada kriteria yang membantu penyeleksian pelanggan yang dikenal dengan “The five C’s of Credit” yang menjadi fokus analisis kelayakan pelanggan, sebutkan dan jelaskan ?

Jawab: 
Character adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi, kebiasaan-kebiasaannya, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya. Character ini untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay.

Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengelola usahanya yang dapat dilihat dari pendidikannya, pengalaman mengelola usaha (business record) nya, sejarah perusahaan yang pernah dikelola (pernah mengalami masa sulit apa tidak, bagaimana mengatasi kesulitan). Capacity ini merupakan ukuran dari ability to play atau kemampuan dalam membayar.

Capital adalah kondisi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dikelolanya. Hal ini bisa dilihat dari neraca, laporan rugi-laba, struktur permodalan, ratio-ratio keuntungan yang diperoleh seperti return on equity, return on investment. Dari kondisi di atas bisa dinilai apakah layak calon pelanggan diberi pembiayaan, dan beberapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan.

Collateral adalah jaminan yang mungkin bisa disita apabila ternyata calon pelanggan benar-benar tidak bisa memenuhi kewajibannya. Collateral ini diperhitungkan paling akhir, artinya bilamana masih ada suatu kesangsian dalam pertimbangan-pertimbangan yang lain, maka bisa menilai harta yang mungkin bisa dijadikan jaminan.

Condition, pembiayaan yang diberikan juga perlu mempertimbangkan kondisi ekonomi yang dikaitkan dengan prospek usaha calon nasabah. Ada suatu usaha yang sangat tergantung dari kondisi perekonomian, oleh karena itu perlu mengaitkan kondisi ekonomi dengan usaha calon pelanggan.

7. Konsep Modal Kerja dibagi menjadi 3 (tiga) konsep yaitu Gross Working Capital, Net Working Capital, Functional Capital. Jelaskan masing-masing konsep modal kerja tersebut ?

Jawab:
  1. Modal kerja kotor (gross working capital) adalah jumlah harta lancar perusahaan. Modal kerja ini merupakan kekuatan “semu” karena sebagian diperoleh dari utang jangka pendek, maka ia dapat dikatakan sebagai modal kerja tradisional atau modal kerja kuantitatif.
  2. Modal kerja bersih (net working capital) adalah harta lancar dikurangi utang lancar. Modal kerja ini merupakan kekuatan intern untuk menggerakan kegiatan bisnis, yaitu untuk membiayai kegiatan operasi rutin dan untuk membayar semua utang yang jatuh tempo. Ia dapat dikatakan sebagai modal kerja kualitatif.
  3. Modal kerja fungsioal yaitu fungsinya harta lancar dalam menghasilkan pendapatan saat ini (current income) yang terdiri dari kas persediaan, piutang sebesar harga pokok penjualan dan penyusunan.
8. Pada pengelolaan utang jangka pendek (Biaya Utang Bank) ada 3 metode yaitu Metode Simple Interest, Metode Discount Interes, Metode Ad-on Interest Jelaskan masing-masing metode berikut contohnya ?

Jawab:
simple interest (bunga sederhana) merupakan bunga yang dibayarkan hanya terhadap pinjaman pokok, tanpa efek pemajemukan (compounding).

Bunga sederhana dihitung dengan mengkalkulasi pinjaman pokok dikali tingkat bunga per periode waktu dikali jumlah periode waktu. Rumusnya yaitu:
I = P x i x n
dengan:
I = bunga sederhana (dalam kurs tertentu, misal dolar)
P = jumlah pinjaman pokok pada saat ini
i = tingkat bunga (interest rate) per periode waktu
n = jumlah periode waktu
Contoh 1. Simple interest (bunga sederhana) dari pinjaman sebesar $1.000 pada tingkat bunga 9%, dengan jangka waktu 9 bulan adalah:
I = P x i x n
= $1.000 x 9% x 9/12
= $67,50
Metode Diskon
Dengan metode ini bunga di tentukan sebelum pinjaman dikeluarkan. Kemudia bunga dikurangkan dari jumlah pokok pinjaman, selanjutnya selisih diberikan kepada debitur.
RUMUS : bunga dibayar 
Bunga = pokok bunga x tingkat bunga
Add – on Rate of Interest
Metode Add – on Rate of Interest adalah dimana Bunga di hitung dari seluruh Pokok Pinjaman di tambah Bunga Pinjaman di bagi jumlah Angsuran.
RUMUS : Bunga = Pokok Pinjaman + Bunga Angsuran
Metode ini meningkatkan jumlah Bunga Efektif yang harus di bayar. Sebab jumlah pokok pinjaman di hitung selama 1 tahun untuk membebankan bunga. Meskipun pokok pinjaman telah di angsur, tetapi bunga yang harus di bayar sebesar 1 tahun. Hal ini terjadi karena jumah rata – rata yang dipinjam menurun jika sebagian di bayar.

9. Jelaskan artinya :
a. Perusahaan mendapat tawaran kredit dengan syarat 2/10, net 60 
b. Line of credit
c. Discount Interest
d. Ad-on Interest
e. Demand Deposit

Jawab:
  • yaitu perusahaan menawarkan kita jika kita membayar utang kurang dari 10 hari dari 60 hari batas waktu yang di bataskan maka kita mendapat disko 2% dari utang tersebut dan apabila lebih dari 10 hari maka diskon 2% tersebut hilang.
  • LOC adalah kredit permanen yang dapat digunakan setiap saat dalam batas waktu yang ditentukan pada kontrak yang disepakati antara klien dan bank yang menyediakan LOC itu sendiri.
  • situasi pinjaman yang unik diman tingkat suku bungga,dan pemimjaman di beri pinjaman
  • Ad-on Interest adalah dimana bungga di hitung dari serluruh pokok pinjaman di tambah bungga pinjaman di bagi jumlah angsuran
  • Giro adalah Simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lainnya atau dengan pemindahbukuan.

10. Apa yang dimaksud dengan dalam menghitung nilai persediaan dengan metode FIFO dan metode LIFO. Jelaskan?

Jawab:
FIFO merupakan singkatan dari First in first out atau dalam bahasa Indonesia, Pertama masuk pertama keluar yang berarti bahwa persediaan yang pertama kali masuk itulah yang pertama kali dicatat sebagai barang yang dijual.

LIFO merupakan singkatan dari Last in first out atau dalam bahasa Indonesia, Terakhir masuk pertama keluar yang berarti bahwa persediaan yang terakhir masuk adalah barang yang pertama kali dicatat sebagai barang yang dijual. Sejak tahun 1970-an, perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat memilih untuk menggunakan sistem LIFO untuk mengurangi pajak pada saat terjadi inflasi.


EmoticonEmoticon