Bagaimana pengaruh e-Business dalam perusahaan?
Jawab:
• Pembeli dan dalam konteks Inbound Logistic.
Dunia internet dapat meningkatkanaktifitas pembeli dengan cara mempermudah perusahaan dalam mengidentifikasicalon pemasok dan membandingkan harganya. Data mengenai pembelian yangdilakukan disub unit organisasi yang berbeda sekarang ini dapat disentralisasikan,sehingga dapat memungkinkan organisasi untuk menetapkan pembelian totaldiseluruh dunia atas berbagai produknya.
•Operasi internal perusahaan, sumber daya manusia, dan infrastuktur perusahaan.Teknologi komunikasi tingkat lanjut dapat secara signifikan dapat meningkatkaneffisiensi operasi internal perusahaan. Peningkatan akses keinformasi dapat secarasignifikan meningkatkan perencanaan perusahaan. Pada sumber daya manusia,aktifitas ini dapat mendukung untuk effisiensi dan efektifitas dalam semua aktifitasutama.
•Outbound Logistic. Merupakan akses yang tepat waktu dan akurat atas informasi rincitentang pengiriman barang yang memungkinkan penjual mengurangi biaya tranportasimelalui cara pengiriman gabungan kepara pelanggannya yang lokasinya berdekatansatu dengan yang lainnya. Jika informasi yang lebih tepat waktu tentang penjualan,maka dapat membantu pabrik mengoptimalkan jumlah persediaan yang ditanggung.
•Penjualan dan Pemasaran. Organisasi/perusahaan dapat menciptakan katalogelektronik diwebsite mereka untuk mengotomatisasikan proses input pesanan penjualan. Kehandalan ini tidak hanya memungkinkan para pelanggan menyampaikan pesanan saat mereka menginginkannya saja, tetapi juga dapat secara signifikanmengurangi jumlah staff dengan cara meniadakan/menghilangkan telepon, surat-menyurat dan/atau pengiriman fax.
•Pelayanan dan dukungan Purnajual. Dalam e-business dapat secara signifikan meningkatkan kualitas dukungan purnajual ke semua para pelanggannya
Sebutkan model-model e-Business dan jelaskan!
Jawab:
Model-Model e-Business :
- B2C (Business to Consumers). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
- B2B (Business to Business). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi).
- C2C (Consumer-to-consumer). Interaksi dimana konsumen menjual produk secara langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang atau classified ads. Contohnya meliputi www.bekas.com danwww.classified2000.com.
- C2B (Consumer-to-business). Interaksi yang meliputi individu yang menjual produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual, berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
- Non-business electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan instansi pemerintah. Contohnya, www.bappenas.go.id, www.bps.go.id, www.komnas.go.id, www.bppt.go.id. Umumnya organisasi non bisnis menggunakan berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan menekan biaya atau meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
- Intrabusiness (organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas internal organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi pertukaran barang, jasa atau informasi.
Apa yang dimaksud dengan proses bisnis?
Jawab:
Proses Bisnis adalah umpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu).
Apa yang dimaksud dengan model Data REA? Dan sebutkan jenis-jenis entitas!
Jawab:
Ø Model REA adalah sebuah framework akuntansi untuk memodelkan resources, events, dan agents yang penting dalam suatu organisasi dan membuat garis hubungan/keterkaitan diantara ketiganya. Tidak seperti dalam sistem akuntansi tradisional, sistem REA membolehkan baik data akuntansi dan nonakuntansi untuk diidentifikasi, diambil, dan disimpan dalam database yang terpusat.
Ø Jenis-jenis Entitas
- Sumber daya yang di dapat dan di pergunakan oleh organisasi. Sumber daya adalah hal-hal yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi
- Kegiatan atau aktivitas bisnis yang di lakukan oleh organisasi. Merupakan berbagai aktivitas bisnis yang informasinya ingin di kumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian.
- Pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Pelaku adalah orang-orang dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin di dapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi.
Tolong jelaskan bentuk pokok SIA?
Jawab:
- Mengumpulkan dan memproses data tentang kegiatan organisasi bisnis secara efisiensi dan efektif.
- Menghasilkan informasi yang berguna untuk pembuatan keputusan.
- Melakukan penguasaan yang memadai.
Tolong jelaskan prosedur pengelolaan data.
Jawab:
- Input : Di dalam langkah ini data awal, atau data input, disiapkan dalam beberapa bentuk yang sesuai untuk keperluan pengolahan. Bentuk tersebut akan bergantung pada pengolahan mesin.
- Proses : Pada langkah ini data input diubah, dan biasanya dikombinasikan dengan informasi yang lain untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih dapat digunakan. Langkah pengolahan ini biasanya meliputi sederet operasi pengolahan dasar tertentu.
- Output : Pada langkah ini hasil-hasil dari pengolahan sebelumnya dikumpulkan. Bentuk data output tergantung pada penggunaan data tersebut unutk pengolahan selanjutnya.
Apa yang dimaksud dengan EDI dan sebutkan keuntungan dari Electronic Data Interchange (EDI)?
Jawab:
Ø Electronic Data Interchange (EDI) adalah pertukaran data bisnis atau transaksi secara elektronnik melalui satu sistem komputer ke sistem komputer lainnya.
Ø Keuntungan dari Electronic Data Interchange (EDI) :
- Pertukaran informasi data dapat dilakukan antar aplikasi sehingga tidak perlu re –entry data dari sisi penerima dan tidak diperlukan proses printing dari sisi pengirim.
- Penyampaian atau penerimaan informasi dari dokumen lebih cepat dan aman, sehingga pelayanan dapat segera diperoleh tanpa perlu datang ke kantor pabean.
- Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan mendukung terbentuknya electronic trading dan EDI merupakan pertukaran data elektronik yang telah disepakati.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan dalam alur dokumen informasi.
Tolong jelaskan apa yang dimaksut dengan dokumen transaksi serta jelaskan fungsi dan kegunaannya!
Jawab:
Dokumen transaksi atau bukti transaksi atau bisa juga disebut bukti akuntansi adalah dokumen-dokumen dasar transaksi (baik yang dibuat sendiri maupun yang berasal dari pihak luar) yang digunakan sebagai sumber pencatatan atau penyusunan laporan keuangan oleh suatu unit usaha.
Bentuk bukti transaksi keuangan dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
Bentuk bukti transaksi keuangan dapat dibedakan menjadi dua yaitu:
- Bukti transaksi intern, yaitu bukti transaksi yang berasal dan dilakukan di dalam lingkungan perusahaan itu sendiri.
- Bukti transaksi ekstern, yaitu bukti transaksi yang melibatkan pihak luar perusahaan.
Fungsi dan kegunaann Dokumen Transaksi
· Alat komunikasi
· Bukti dari apa yang kita kerjakan / lakukan.
· Data pendukung apabila ada masalah.
· Data pendukung untuk sebuah proses
Tolong jelaskan dan sebutkan hal-hal atau tahap-tahap yang dilakukan dalam perencanaan dokumen.
Jawab:
a. Pertimbangan Umum
· Pertimbangan bobot dan kualitas sesuai dengan pemakaian dokumen
· Formating dan ukuran standar untuk keperluan pengarsipan, penjilitan dan pengiriman
· Warna kertas yang berbeda untuk tembusan dokumen agar mudah pendistribusiannya
· Ringkasan tata cara pengisian dokumen
b. Bagian pembuka atas dokumen
· Nama dokumen di tempat paling atas dan dicetak tebal
· Cantumkan nomor urut dokumen
· Dokumen untuk pihak eksternal nama dan alamat perusahaan dicantumkan pada bagian atas dokumen
c. Bagian isi
· Informasi yang logis dikumpulkan menjadi satu
· Sediakan ruang yang cukup untuk merekam data barang yang dipesan
· Urutkan data sesuai urutan standar
d.Bagian bawah
Sediakan ruang yang cukup untuk mencantumkan disposisi tanda tangan atau persetujuan mencantumkan nilai total transaksi dan menjelaskan distribusi dokumen
Tolong jelaskan apa yang dimaksud aplikasi siklus pendapatan? berikan contohnya!
Jawab:
Siklus pendapatan memproduksi transaksi yang mencatat empat pristiwa ekonomi : permintaan barang dan jasa oleh pelanggan, pengiriman barang atau jasanya, permintaan pembayaran dan tanda terima pembayaran.
Contohnya:
a. Aplikasi entri pesanan
b. Aplikasi pengiriman
c. Aplikasi penyusunan rekening
d. Aplikasi tanda tangan terima kas
Tolong sebutkan dan jelaskan jenis jenis kode rekening!
Jawab:
a. Squential code (code urut) yaitu kode yang dibuat urut karena dokumen atau objek yang diberi kode akan dikontrol dan diawasi berdasarkan urutannya contoh: kode urut cek:
b. Block code (kode blok) disebut kode blok karena kode diklarifikasikan ke dalam beberapa blok dan setiap blok di gunakan untuk memberi kode sekelompok objek tertentu
Jenis kode rekening :
Kode grup dalam kode grup setiap angka mempresentasikan objek tertentu
contoh 1 = aktiva, 11 = aktiva lancar.
contoh 1 = aktiva, 11 = aktiva lancar.
Kode kombinasi adalah kode yang dibuat dengan mengkombinasikan huruf dan angka
contoh AL = 1= aktiva lancar
contoh AL = 1= aktiva lancar
Ada 3 cara yang dilakukan untuk pendekatan dokumen dalam transaksi, tolong sebutkan dan jelaskan bedanya!
Jawab:
a. Sistem Flowchart
Merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan.
b. Data Flow Diagram
adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem.
c. Entity Relationship Diagram (ERD)
Merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi
Tolong gambarkan 4 simbol yang ada untuk data flow diagram (DFD)!
Jawab:
DFD Symbols
DFD meliputi 4 simbol: proses, sources/sinks, data stores, data flow lines
Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam SIA?
Jawab:
Ada lima langkah dalam proses pengambilan keputusan:
1. Identifikasi dan Diagnosa masalah
2. Pengumpulan dan Analisis data yang relevan
3. Pengembangan dan Evaluasi alternative alternative
4. Pemilihan Alternatif terbaik
5. Implementasi keputusan dan Evaluasi terhadap hasil-hasil
Bagaimana cara penjualan dan pemasaran e-Business?
Jawab:
Cara penjualan dan pemasaran e-business dapat didorong dengan aktivitas promosi online melalui internet. Cara ini dapat membantu untuk meningkatkan penjualan, karena semakin sering dipromosi maka makin besar kemungkinan untuk orang mengetahui apa yang ditawarkan dan sangat memungkinkan terjadinya penjualan. Ada beberapa media online yang dapat digunakan untuk penjualan dan pemasaran yaitu : Iklan, Forum Online, Facebook Commerce, dan lain-lain.
Apa yang dimaksud dengan pengendalian internal?
Jawab:
Pengendalian intern ialah suatu proses yang dipengaruhi oleh dewan komisaris, manajemen, dan personil satuan usaha lainnya, yang dirancang untuk mendapat keyakinan memadai tentang pencapaian tujuan dalam hal-hal berikut: keandalan pelaporan keuangan, kesesuaian dengan undang-undang, dan peraturan yang berlaku, efektifitas dan efisiensi operasi.
Sebutkan aktivitas aktivitas dalam siklus pengeluaran!
Jawab:
a. Memesan barang , persediaan, dan jasa
b. Menerima dan menyimpan barang, persediaan, dan jasa
c. Membayar untuk barang, persediaan, dan jasa
Apa itu COSO, tolong di Jelaskan dan sebutkan 5 komponen dalam COSO!
Jawab:
Committee of Sponsoring Organization of The Treadway Commission (COSO)
Merupakan komite yang dibentuk oleh organisasi – organisasi profesi di Amerika, antara lain AICPA, Financial Executives Association, Institute of Management Accountants (IMA), Institute of Internal Auditors (IIA) and American Accounting Association (AAA). Pada tahun 1992, COSO mengeluarkan definisi tentang pengendalian internal. COSO mendefinisikan pengendalian internal sebagai suatu proses yang melibatkan dewan komisaris, manajemen, dan personil lainnya, yang dirancang untuk memberikan keyakinan yang memadai tentang pencapaian tujuan dengan kategori berikut, yaitu efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, kepetuhan terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku.
Lima Komponen dalam COSO
1. Control Environment
Tindakan atau kebijakan manajemen yang mencerminkan sikap manajemen puncak secara keseluruhan dalam pengendalian manajemen. Yang termasuk dalam control environment:
- Integrity and ethical values (integritas dan nilai etika)
- Commitment to competence (komitmen terhadap kompetensi)
- Board of Directors and audit committee (dewan komisaris dan komite audit)
- Management’s philosophy and operating style (filosofi manajemen dan gaya mengelola operasi)
- Organizational structure (struktur organisasi)
- Human resource policies and procedures (kebijakan sumber daya manusia dan prosedurnya)
2. Risk Assessment
Tindakan manajemen untuk mengidentifikasi, menganalisis risiko-risiko yang relevan dalam penyusunan laporan keuangan dan perusahaan secara umum. Yang termasuk dalam risk assessment:
- Company-wide objectives (tujuan perusahaan secara keseluruhan)
- Process-level objectives (tujuan di setiap tingkat proses)
- Risk identification and analysis (indentifikasi risiko dan analisisnya)
- Managing change (mengelola perubahan)
3. Control Activities
Tindakan-tindakan yang diambil manajemen dalam rangka pengendalian intern. Yang termasuk control activities:
- Policies and procedures (kebijakan dan prosedur)
- Security (application and network) –> (keamanan dalam hal aplikasi dan jaringan)
- Application change management (manajemen perubahan aplikasi)
- Business continuity or backups (kelangsungan bisnis)
- Outsourcing (memakai tenaga outsourcing)
4. Information and Communication
Tindakan untuk mencatat, memproses dan melaporkan transaksi yang sesuai untuk menjaga akuntablitas. Yang termasuk komponen ini adalah sebagai berikut.
· Quality of information (kualitas informasi)
· Effectiveness of communication (efektivitas komunikasi)
5. Monitoring
Peniilaian terhadap mutu pengendalian internal secara berkelanjutan maupun periodik untuk memastikan pengendalian internal telah berjalan dan telah dilakukan penyesuian yang diperlukan sesuai kondisi yang ada. Yang termasuk di dalam komponen ini, yakni:
· On-going monitoring (pengawasan yang terus berlangsung)
· Separate evaluations (evaluasi yang terpisah)
· Reporting deficiencies (melaporkan kekurangan-kekurangan yang terjadi
Tolong berikan contoh diagram REA!
Jawab:
Contoh Diagram REA
Sebutkan tiga dasar dalam konfigurasi LAN?
Jawab:
a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal
Local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
EmoticonEmoticon