Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan
perkembangan kebutuhan manusia dan pertumbuhan
teknologi dari konvensional ke digital metode analisa SWOT Matrix mulai ditinggalkan. Sebab kekuatan
(internal) belum tentu dapat memenuhi peluang pasar dengan
baik dan mampu menghadapi tekanan atau tantangan.Saat
ini berkembang analisa TOWS yang mengedepankan faktor eksternal dibandingkan faktor internal.Mereka terlebih dulu mempelajari dan menginvestigasi peluang faktor-faktor eksternal, karena dianggap bersifat lebih dinamis dan
bersaing Sesudah mendapatkan informasi eksternal, barulah dilakukan beberapa penyesuaian sampai perbaikan potensi internal untuk menciptakan peluang menguntungkan.
Oleh sebab itu, para
perencana dan pemasar sekarang beralih menggunakan analisa TOWS Matrix. Mereka terlebih dulu mempelajari dan menginvestigasi peluang faktor-faktor eksternal, karena dianggap bersifat lebih dinamis dan bersaing.
Faktor-faktor eksternal tersebut diantaranya adalah; cara
promosi para pesaing, budaya konsumen, daya beli masyarakat, nilai rupiah, kebijakan pemerintah, iklim politik, perubahan sosio ekonomi, profil populasi, gaya hidup, aturan
sosial, perubahan tehnologi, dan lain sebagainya.
1.2 Batasan Masalah
· Pengertian TOWS Matrix
· Fungsi TOWS Matrix
1.3 Tujuan Penulisan Makalah
Sesuai dengan latar
belakang dan pembatasan masalah diatas, maka tujuan
dari penulisan makalah ini adalah
untuk :
· Mengetahui arti dari TOWS Matrix
· Mengetahui fungsi dari TOWS Matrix
1.4. Sistematika Penulisan
Makalah ini
ditulis dengan menggunakan sistematika penulisan meliputi bab 1 pendahuluan
terdiri dari latar belakang masalah, pembatasan makalah, tujuan penulisan makalah dan sistematika penulisan. Bab 2 berupa
landasan teoritis, Bab 3 memuat pembahasan masalah dan Bab 4 kesimpulan dan saran.
Bab II
Pembahasan
2.1 Pengertian TOWS Matrix
TOWS adalah Analisis
Perubahan,yaitu mencoba memaksimalkan analisa faktor internal dan faktor eksternal.
TOWS diawali dengan analisa (TO) threat dan opportunities yang
merupakan faktor eksternal pada saat ini
(Present) atau yang akan datang. setelah itu
baru (WS) weaknesses
dan strength
yang merupakan faktor
internal pada saat ini
Pada Analisis TOWS Analisis diawali dari mengeksplorasi pemikiran akan hal-hal yang akan datang atau hal
yang lebih dinamis yaitu dari faktor
eksternal terlebih dahulu baru diikuti
dengan faktor internal, cara ini diyakini
akan menghasilkan analisa yang lebih bisa memanfaatkan peluang dan dapat
mengantisipasi segala ancaman yang akan datang, dengan kata lain Analisis TOWS lebih Visioner.
2.2 Teknik menggunakan TOWS
Matrix
Langkah - langkah: Analisis dan Pilihan Strategi
TOWS Matrix
·
Tulis peluang eksternal kunci perusahaan
·
Tulis ancaman eksternal kunci perusahaan
·
Tulis kekuatan internal kunci perusahaan
·
Tulis kelemahan internal kunci perusahaan
·
Cocokan kekuatan internal dengan peluang eksternal dan catat hasil
strategi SO dalam sel yg di tentukan
·
Cocokan kelemahan internal dengan peluang eksternal dan catat hasil
strategi WO dalam sel yang di tentukan
·
Cocokan kekuatan internal degnan ancaman eksternal dan catat hasil
strategi ST dalam sel yang ditentukan
·
Cocokan kelemahan Internal dengan ancaman eksternal dan catat hasil
strategi WT dalam sel yang ditentuka
Contoh Praga 1.1 Tabel TOWS Matrik ( Analisis Eksternal dan Internal )
UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA
Matriks TOWS |
Faktor-faktor Internal |
||
Strengths
(S) |
Weakness (
W ) |
||
1.
Memiliki Top Manajemen
yang punya visi kedepan. 2.
Mempunyai SDM Baru
yang mampu menjadi nafas segar 3.
Memiliki kelas
ekstention yang sudah diterima pasar 4.
Memiliki Pasca
sarjana yang sudah diterima masyarakat. 5.
Adanya ikatan alumni 6.
Biaya pendidikan yang murah 7.
Program pendidikan yang cepat. |
1.
Kultur SDM yang tidak mendukung Visi Top Manajemen 2.
Rasa sense of belonging yang kurang dari SDM dan Mahasiswa. 3.
Keterbatasn dana sehingga sulit menentukan prioritas dan pelayanan kurang optimal. 4.
SDM kurang terampil
dalam memberikan pelayanan. |
||
|
Opportunities
( O ) |
SO Strategi |
WO Strategi |
F A K T O R E K S T E R N A L |
1.
Wilayah kampus yang strategis mudah diakses dengan angkutan memungkinkan untuk dijangkau oleh konsumen. 2.
Adanya segmen yang menghendaki kepuasan immateriil yang belum tersentuh pasar. 3.
Peluang kampus
global dengan biaya kaki lima. 4.
Segmen market dengan pendekatan sejak SMU kelas 2 yang belum tersentuh pasar. 5.
Pemasaran dengan
menggunakan metode jaringan yang belum tersentuh pasar. 6.
Masyarakat membutuhkan
lulusan siap pakai. 7.
Krisis ekonomi membuat masyarakat bact to scholl |
1.
Menghidupkan pusat
studi yang dipelopori oleh kelompok SDM muda (S1,S4,03), S2 2.
Menonjolkan kualitas
pendidikan melalui psistem PBM ekstention dengan mengutamakan pengalaman lapangan dengan metode konstruktivis.dan komunikasi
yang edukatif dan pendidikan
entertain (S1,S4,S3,O2,O3). 3.
Membentuk program pendidikan
dengan penempatan kerja (S1,S2,S3,O1,O2,O5). 4.
Peningkatan Pemasaran (O4,O5,S2,S5,S3) |
1. Memperjelas
Job deskripsi tiap staf dan
karyawan ( W1,W2,O2,O4,O5). 2. Meningkatkan ketrampilan pelayanan dan keramahan petugas
(W1,W2,O2,O4,O5). 3.Menumbuhkan rasa kepemilikan & bangga pada staf & Karyawan ( O1,O2,O3,W2,W3). 4.Usaha membangun
gedung dan fasilitas
kampus.
(W1,W3,O1,O2). |
Threats (
T ) |
ST Strategi |
WT Strategi |
|
1.
Krisis ekonomi menyebabkan meningkatnya biaya proses kegiatan PBM. 2.
Peraturan pemerintah
tentang pendidikan yang membawa iklim pasar bebas. 3.
Kebijakan pemerintah
tentang otonomi kampus dan otonomi
daerah. 4.
Menigkatnya persaingan
dari semua segmen pendidkan. |
1.
Membina hubungan
dengan target market dan mengikat dengan kegiatan yang terstruktur (S4,S5,T2,T4). 2.
Membina ikatan
alumni dengan baik (T1-3,O3). 3.
Pengkajian ulang
program pendidikan yang sesuai
dengan jamannya. ( T1,T2,T3,S2,S3) |
1.
Membaurkan iklim
budaya lama dan baru dengan instruksi
rektor sehingga budaya baru menjadi
suatu sistem yang harus dipatuhi. ( W2,T1,T2,T4). 2.
Prosedur pelayanan
dan administrasi ISO 9000 (W1,W3,T3). 3.
Menciptakan kelas
embrio dengan memilih mahsiswa yang punya sense of belonging ( W1,T4). 4.
Meningkatkan fasilitas
kampus ( perpus,
internet, post satpam, laboratorium). |
Berdasarkan hasil matriks TOWS, alternatif strategi dipetakan pada tabel strategi
Ansoff (1957) untuk mencari strategi yang tepat bagi Universitas
Narotama.
Berdasarkan analisa TOWS Matrix itu juga dihasilkan 4 strategi pencapaian target, yaitu;
1. SO (Aggressive Strategy): Menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar.
2. ST (Diversification strategy): Menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar.
3. WO (Turn Around) – Menggunakan kesempatan eksternal yang ada untuk mengurangi kelemahan internal.
4. WT (Defensive strategy) – Meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada.
Analisa TOWS Matrix lebih memastikan kita dapat memperhitungkan dan memanfaatkan dengan baik setiap
peluang di luar untuk peningkatan bisnis. Di
saat bersamaan kita juga dapat
mengetahui dan memanfaatkan potensi internal.
Dengan menganalisa eksternal tersebut (TOWS Matrix) kita juga mampu mengantisipasi
tantangan dari setiap perubahan eksternal, bahkan mengubahnya (tantangan) menjadi peluang baru.
Bab III
Kesimpulan
Saya
menyimpulkan bahwa TOWS
Matrix merupakan analisa bisnis yang paling menguntungkan untuk menciptakan design strategi bisnis. Analisa TOWS Matrix akan
menghasilkan strategi bisnis terbaik jika dikombinasikan dengan pola kerjasama,
dimana satu sama lain saling membangun jaringan bisnis, saling mengisi dan menerima,
serta sama-sama fokus pada bisnis
dan tujuan yang sama.
Strategi bisnis
yang dilandasi pola kerjasama tentunya juga harus memenuhi
aturan kerjasama yang baik. Beberapa aturan kerjasama
yang telah saya sebutkan di atas secara garis besar
menekankan pentingnya kredibilitas, untuk menarik minat banyak
pihak bekerjasama dan menciptakan rasa saling percaya yang kuat. Sebagaimana hal tersebut pernah diungkapkan oleh Walter D. Scott, “Keberhasilan
atau kegagalan bisnis sesungguhnya lebih dipengaruhi oleh sikap mental daripada kapasitas mental.”
Tentunya design strategi bisnis tersebut akan semakin
sempurna jika benar-benar digunakan dalam praktek di lapangan.
Daftar Pustaka
1. http://ekojaya73.blogspot.com/2011/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html
2. http://www.pembelajar.com/strategi-bisnis-dari-swot-ketows
3. Tengku Firli Musfar,SE.,MM Strategic Management
4. http://mfile.narotama.ac.id/files/Arasy%20Alimudin/Buku%20Ritel/Tabel%20TOWS%20%20Matrik%20NAROTAMA.doc
1 comments
thanks gan sudah share
solder hp
EmoticonEmoticon