Makalah Aspek Perilaku Pada Evaluasi Kinerja (Akuntansi Keperilakuan )- Motivasi Sebagai alat Promosi Efesiensi Profesional

2.2. Motivasi sebagai Alat Promosi Efesiensi Profesional
Motivasi adalah serangkaian sikap dan nilai-nilai yang mempengaruhi  individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai dengan tujuan individu. Sikap dan  nilai tersebut merupakan suatu kekuatan untuk mendorong individu bertingkah laku dalam mencapai tujuan. 
Dorongan tersebut terdiri dari dua komponen, yaitu: arah perilaku kerja (kerja untuk mencapai tujuan), dan kekuatan perilaku (sebagai kuat usaha individu dalam bekerja). Motivasi meliputi perasaan unik, pikiran dan pengalaman masa lalu yang  merupakan bagian dari hubungan internal dan eksternal perusahaan.

Dua hal yang berkaitan antara motivasi dan kinerja/performance adalah kesediaan atau  motivasi dari pegawai untuk bekerja, yang menimbulkan usaha karyawan dan  kemampuan karyawan untuk melaksanakannya. 
Menurut Gomez  (2003:177) bahwa kinerja/performance adalah fungsi dari motivasi dan  kemampuan atau dapat ditulis dengan rumus :
P= M x A
Dimana :
P = performance/kinerja,
M = motivation/motivasi,
A = ability/kemampuan.
Kemampuan melekat dalam diri seseorang dan merupakan bawaan sejak lahir serta diwujudkan dalam tindakannya dalam bekerja, sedangkan motivasi adalah aspek yang sangat penting untuk menggerakkan kreativitas dan kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan, serta selalu bersemangat dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

Dari sebagian uraian yang telah dijelaskan dapat ditarik kesimpulan bahwa  para karyawan mampu melakukan pekerjaan dan ingin mencapai hasil  maksimal dalam pekerjaannya. Perwujudan kinerja yang maksimal, dibutuhkan suatu dorongan untuk  memunculkan kemauan dan semangat kerja, yaitu dengan motivasi. Motivasi  berfungsi untuk merangsang kemampuan karyawan maka akan tercipta hasil kinerja maksimal.

Teori Ekspektasi merupakan suatu teori terbaik dalam memprediksi motivasi dan kinerja. Menurut teori ini perilaku sesorang dipengaruhi oleh probabilitas yang dilekatkan orang tersebut terhadap hubungan sebagai berikut:
Usaha yang diperlukan untuk mencapai tujuan
Kinerja dan penghargaan
Penghargaan yang memuaskan tujuan pribadi
2.3. Pengaruh Penghargaan Terhadap Perilaku
Dalam konsep manajemen, reward merupakan salah satu alat untuk peningkatan motivasi para pegawai. Metode ini bisa menstimulus tim untuk melakukan suatu perbuatan yang positif secara berulang-ulang. Selain motivasi, reward juga bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan prestasi yang telah dapat dicapai.Ada tiga cara untuk membentuk perilaku orang yang bekerja di organisasi:

    Baca Juga

  • Penguatan Positif, yaitu Respon dari perilaku yang diharapkan dapat membuat sesuatu yang baik. Bentuk-bentuk penguatan positif adalah berupa hadiah (bonus, kado, , dll), perilaku (senyum, menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol), atau penghargaan (karyawan teladan, karyawan berprestasi, dll).
  • Penguatan Negatif, yaitu Perilaku yang diharapkan dapat dirangsang dengan mengeliminasi sesuatu yang tidak menyenangkan. Bentuk-bentuk penguatan negatif antara lain: menunda/tidak memberi penghargaan, memberikan tugas tambahan atau menunjukkan perilaku tidak senang (menggeleng, kening berkerut, muka kecewa dll).
  • Hukuman (punishment), yaitu cara umum untuk memperbaiki perilaku yang tidak diinginkan. Tujuan dari metode ini intinya adalah untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

2.4. Jenis Penghargaan
Bentuk penghargaan (reward) dapat dibagi 2 (dua) jenis, yaitu:
  • Penghargaan Umum. Penghargaan umum dapat diberikan kepada seluruh karyawan yang dinilai secara metode dapat diberikan untuk menilai kinerja karyawan secara objektif. Misalnya kepada karyawan yang berprestasi dapat berupa uang tunai, perjalanan wisata
  • Penghargaan Khusus. Penghargaan khusus dapat diberikan kepada karyawan yang dianggap (dinilai) telah berkontribusi secara khusus kepada perusahaan, misalnya : Karyawan yang dianggap berjasa menyelamatkan perusahaan dari kerugian, kebangkrutan, dsb. 
Bahkan tepuk tangan atau pujian pun merupakan bentuk penghargaan yang sederhana yang bisa dilakukan sekarang untuk tim.

2 comments

tentang mata pelajaran ya .. keren bermanfaat

iya eknonomi,,, sebenarnya ni tugas dri sekolah-smpai kuliah srkng ni,, dah penuh rasanya laptop ya udah di muat di sini aj,, :D


EmoticonEmoticon