Perbedaan Akuntansi Komputer dengan Komputer Akuntansi

Perbedaan akuntansi komputer dengan komputer akuntansi
Komputer Akuntansi adalah suatu seni dengan menggunakan alat bantu komputer untuk melakukan pencatatan, penggolongan dan peringkasan transaksi dan kejadian yang bersifat keuangan dengan cara yang menggunakan dan dalam bentuk satuan uang, dan peng-interprestasian hasil proses.

Salah satu fungsi organisasi yang erat kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi akuntansi yang bertanggung jawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Dan agar laporan keuangan dan analisa laporan keuangan yangdihasilkan sesuai dengan karakteristiknya, perlu suatu sistem yang komparatif dan integral dari keseluruhan proses bisnis yang ada.

Dengan menerapkan sistem komputerisasi akuntansi, maka akan mempercepat proses penyajian analisa dan laporan keuangan karena aplikasi komputerisasi akuntansi diciptakan untuk memudahkan proses transaksi-transaksi akuntansi ke dalam sebuah laporan dan analisa laporan untuk mendukung hasil pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keadaan keuangan perusahaandalam suatu periode akuntansi.

Baca Juga

Sistem informasi akuntansi merupakan komponene kunci dalam setiap proses mengembangkan usaha melalui pembuatan laporan dengan melakukan penilaian kinerja usaha (corporate revaluation), mampu memenuhi kebutuhan infomasi yang ditujukan kepada pemakai extern (calon investo/kreditor seperti bank, lessor ) dan kepada pihak intern seperti para manager, pemilik maupun karyawan. Dengan adanya revolusi teknologi informasi menyebabkan Sistem informasi akuntansi sangat berperan didalam melakukan efisiensi dan efektifitas pengelolaan usaha.

Perbedaan akuntansi komputer dengan komputer akuntansi :
No
Akuntansi Komputer
Komputer Akuntansi
1
Proses pencatatan dan pengolahan data menggunakan software yang belum terintergarsi dalam kesatuan dalam bahasa pemrograman contoh membuat laporan dengan software M.S. Office
Proses pencatatan dan pengolahan data menggunakan software yang sudah terintergarsi dalam kesatuan dengan bahasa pemrograman. Contoh : Visual Foxpro, Visual Basic, C++, Linux dan lain- lain sehingga menghasilkan paket softare
2
Pembuatan laporan hanya sebatas tertentu sehingga data-data tidak bisa di
upgrade lansung tidak dapat di konversi
data lama dengan data yang baru
Pembuatan laporan lebih lengkap bisa di upgrade atau di konversi data lama dengan data yang baru
3
Proses pengolahan data untuk memperoleh informasi membutuhkan
waktu yang sangat lama dan tidak
mencakup seluruh kegiatan karena perhitungan belum terotorisasi komputer secara keseluruhan
Proses pengolahan untuk memperoleh informasi lebih cepat dan akurat, karena
perhitungan telah terotorisasi dalam
program maupum software yang digunakan secara keseluruhan data yang telah imput kedalam komputer.
4
Perbaikan kesalahan harus diperbaiki dari awal penulisan dari transaksi
ketransaksi lainnya sampai kelaporan
Pebaikan kesalahan data dapat dilakukan hanya pada bagian penjurnalan saja
5
Contoh aplikasi yang dipakai adalah M.S. Word, Excel, Powerpoint
Contoh aplikasi yang dipakai adalah MYOB Accounting, DecEasy, Peactry, Value Pluss,
ERP, MRP dan Sistem Akuntansi yang terintergrasi lainnya

Itulah  perbedaan akuntansi komputer dengan komputer akuntansi yang dapat saya bagikan untuk anda. semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu dan wawasan kita.

1 comments

Komputer akuntansi sama komputerisasi itu sama atau Beda ?


EmoticonEmoticon