RMK BAB 1 Akuntansi Biaya

Informasi yang dibutuhkan manajer
A. Manajer operational
Informasi yang dibutuhkan bagian produksi yaitu :
Informasi tentang bahan baku apa saja yang digunakan dalam satu proses produksi
Informasi tentang berapa jumlah bahan baku yang digunakan dalam satu kali proses produksi
Informasi tentang berapa jumlah biaya untuk satu kali proses produksi
Informasi tentang berapa jumlah produk yang di hasilkan dalam satu kali produkasi
Informasi tentang kualitas produk

B. Manajer Taktis
pada tingkat manajer ini, yang dibutuhkan adalah informasi yang berkaitan dengan pencapaian target ke depan guna kemajuan perusahaan. contohnya untuk menambah kemajuaan perusahaan, maka informasi apa yang dibutuhkan oleh manajer pada tingkat ini, yaitu tentang investasi biaya tambahan dan perkiraan jumlah penerimaan.

C. Manajer tingkat Strategic
pada tingkat ini manajer membutuhkan informasi yang berkaitan dengan tujuan diversifikasi produk, ataupun juga tujuan pengembangan perusahaan



  Perbedaan akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen        


No
Kriteria
Keuangan
Manajemen
1.
Pemakai
Para manajer puncak dan pihak luar preusan
Para manajer dan berbagai jenjang organisasi di dalam perusahaan
2.
Lingkup informasi
Perusahaan secara keseluruhan
Bagian dari perushaaan
3.
Fokus informasi
Berorientasi ke masa lalu
Berorientasi ke masa yang akan datang
4.
Rentang waktu
Kurang fleksibel. Biasanya mencakup jangka waktu kuartalan, semesteran, dan tahunan
Fleksibel, bervariasi, dari harian, mingguan, bulanan bahkan sampai ada yang 10 tahun sekali
5.
Kriteria bagi informasi akuntansi
Dibatasi oleh prinsip yang umum dan diakui / lazim
Tidak ada batasan, kecuali manfaat yang dapat diperoleh oleh manajemen dari informasi dibandingkan dengan pengorbanan untuk memperoleh informasi
6.
Disiplin ilmu
Ilmu ekonomi
Ilmu ekonomi dan psikologi sosial
7.
Isi laporan
Laporan berupa ringkasan mengenai perusahaan sebagai satu kesatuan / keseluruhan
Laporan bersifat rinci mengenai bagian dari perusahaan
8.
Sifat informasi
Ketepatan informasi merupakan hal yang penting
Unsur taksiran informasi adalah besar.

Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi pihak ekstern perusahaan, informasi yang disajikan berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal, arus kas, dan catatan keuangan lainnya. Transaksi yang menjadi objek dalam akuntansi keuangan sifatnya umum menyangkut harta, utang dan modal perusahaan.

Baca Juga

Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan untuk pihak manajemen. Jenis informasi yang diperlukan pasti berbeda dengan informasi yang diperlukan pihak luar. Manajemen dalam hal ini terdiri dari top manajemen, middle manajemen dan lower manajemen. Umumnya informasi yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada pihak luar.

PERANAN AKUNTANSI BIAYA

  1. Menyusun dan melaksanakan rencana serta anggaran operasi dalam kondisi yang ekonomis dan bersaing.
  2. Menetapkan metode kalkulasi biaya yang menjamin adanya pengendalian, pengurangan biaya, dan perbaikan mutu.
  3. Mengendalikan jumlah persediaan secara fisik, dan menentukan biaya dari masing-masing barang dan jasa yang diproduksi untuk tujuan penentuan harga dan mengevaluasi prestasi suatu produk, departemen atau divisi.
  4.  Menghitung biaya dan laba perusahaan untuk suatu periode akuntansi.

Peran akuntan dalam mengambil keputusan
Pengambilan keputusan khusus menyangkut masa yang akan datang. Oleh karena itu informasiyang relevan dengan pengambilan keputusan khusus selalu berhubungan dengan informasi masayang akan datang. Akuntansi biaya untuk pengambilan keputusan khusus menyajikan biaya masayang akan datang. Informasi biaya ini tidak dicatat dalam catatan akuntansi biaya, melainkanhasil dari suatu proses peramalan. Karena keputusan khusus merupakan sebagian besar kegiatanmanajemen perusahaan, laporan akuntansi biaya untuk memenuhi tujuan pengambilan keputusanadalah bagian dari akuntansi manajemen. Untuk memenuhi kebutuhan manajemen dalam pengambilan keputusan, akutansi biaya mengembangkan berbagai konsep informasi biaya untuk  pengambilan keputusan seperti : biaya kesempatan, biaya hipotesis, biaya tambahan, biayaterhindarkan, dan pendapatan hilang


EmoticonEmoticon