Informasi yang dibutuhkan manajer
A. Manajer operational
Informasi yang dibutuhkan bagian produksi yaitu :
• Informasi tentang bahan baku apa saja yang digunakan dalam satu proses produksi
• Informasi tentang berapa jumlah bahan baku yang digunakan dalam satu kali proses produksi
• Informasi tentang berapa jumlah biaya untuk satu kali proses produksi
• Informasi tentang berapa jumlah produk yang di hasilkan dalam satu kali produkasi
• Informasi tentang kualitas produk
B. Manajer Taktis
pada tingkat manajer ini, yang dibutuhkan adalah informasi yang berkaitan dengan pencapaian target ke depan guna kemajuan perusahaan. contohnya untuk menambah kemajuaan perusahaan, maka informasi apa yang dibutuhkan oleh manajer pada tingkat ini, yaitu tentang investasi biaya tambahan dan perkiraan jumlah penerimaan.
C. Manajer tingkat Strategic
pada tingkat ini manajer membutuhkan informasi yang berkaitan dengan tujuan diversifikasi produk, ataupun juga tujuan pengembangan perusahaan
Perbedaan
akuntansi keuangan dengan akuntansi manajemen
|
|
No
|
Kriteria
|
||
Keuangan
|
Manajemen
|
||
1.
|
Pemakai
|
Para manajer puncak dan pihak
luar preusan
|
Para manajer dan berbagai
jenjang organisasi di dalam perusahaan
|
2.
|
Lingkup informasi
|
Perusahaan secara keseluruhan
|
Bagian dari perushaaan
|
3.
|
Fokus informasi
|
Berorientasi ke masa lalu
|
Berorientasi ke masa yang akan
datang
|
4.
|
Rentang waktu
|
Kurang fleksibel. Biasanya
mencakup jangka waktu kuartalan, semesteran, dan tahunan
|
Fleksibel, bervariasi, dari
harian, mingguan, bulanan bahkan sampai ada yang 10 tahun sekali
|
5.
|
Kriteria bagi informasi
akuntansi
|
Dibatasi oleh prinsip yang umum
dan diakui / lazim
|
Tidak ada batasan, kecuali
manfaat yang dapat diperoleh oleh manajemen dari informasi dibandingkan
dengan pengorbanan untuk memperoleh informasi
|
6.
|
Disiplin ilmu
|
Ilmu ekonomi
|
Ilmu ekonomi dan psikologi
sosial
|
7.
|
Isi laporan
|
Laporan berupa ringkasan
mengenai perusahaan sebagai satu kesatuan / keseluruhan
|
Laporan bersifat rinci mengenai
bagian dari perusahaan
|
8.
|
Sifat informasi
|
Ketepatan informasi merupakan
hal yang penting
|
Unsur taksiran informasi adalah
besar.
|
Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang bertujuan untuk menghasilkan informasi keuangan bagi pihak ekstern perusahaan, informasi yang disajikan berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal, arus kas, dan catatan keuangan lainnya. Transaksi yang menjadi objek dalam akuntansi keuangan sifatnya umum menyangkut harta, utang dan modal perusahaan.
Baca Juga
Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan menghasilkan informasi keuangan untuk pihak manajemen. Jenis informasi yang diperlukan pasti berbeda dengan informasi yang diperlukan pihak luar. Manajemen dalam hal ini terdiri dari top manajemen, middle manajemen dan lower manajemen. Umumnya informasi yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada pihak luar.
PERANAN AKUNTANSI BIAYA
- Menyusun dan melaksanakan rencana serta anggaran operasi dalam kondisi yang ekonomis dan bersaing.
- Menetapkan metode kalkulasi biaya yang menjamin adanya pengendalian, pengurangan biaya, dan perbaikan mutu.
- Mengendalikan jumlah persediaan secara fisik, dan menentukan biaya dari masing-masing barang dan jasa yang diproduksi untuk tujuan penentuan harga dan mengevaluasi prestasi suatu produk, departemen atau divisi.
- Menghitung biaya dan laba perusahaan untuk suatu periode akuntansi.
Peran akuntan dalam mengambil keputusan
Pengambilan keputusan khusus menyangkut masa yang akan datang. Oleh karena itu informasiyang relevan dengan pengambilan keputusan khusus selalu berhubungan dengan informasi masayang akan datang. Akuntansi biaya untuk pengambilan keputusan khusus menyajikan biaya masayang akan datang. Informasi biaya ini tidak dicatat dalam catatan akuntansi biaya, melainkanhasil dari suatu proses peramalan. Karena keputusan khusus merupakan sebagian besar kegiatanmanajemen perusahaan, laporan akuntansi biaya untuk memenuhi tujuan pengambilan keputusanadalah bagian dari akuntansi manajemen. Untuk memenuhi kebutuhan manajemen dalam pengambilan keputusan, akutansi biaya mengembangkan berbagai konsep informasi biaya untuk pengambilan keputusan seperti : biaya kesempatan, biaya hipotesis, biaya tambahan, biayaterhindarkan, dan pendapatan hilang
EmoticonEmoticon