Jenis Kantor dan Penggabungan Usaha Bank

JENIS KANTOR BANK
Dalam pelaksanaannya dalam satu bank terdapat berbagai jenis tingkatan yang ditunjukkan dari volume kegiatan, kelengkapan jasa yang ditawarkan, wewenang mengambil keputusan, serta jangkauan wilayah operasinya.

Jenis-jenis kantor suatu bank adalah :
  1. Kantor pusat, merupakan kantor bank dimana terdapat semua kegiatan perencanaan sampai pengawasan dan biasanya tidak melaksanakan kegiatan operasional sebagai mana kantor lainnya.
  2. Kantor cabang penuh, merupakan kantor bank yang memberikan jasa bank paling lengkap dan biasanya membawahi KCP.
  3. Kantor cabang pembantu, merupakan kantor bank yang hanya melayani sebagian dari kegiatan cabang penuh.
  4. Kantor kas, merupakan kantor bank paling kecil dimana kegiatannya hanya meliputi teller. Sekarang ini bank kantor kas yang dilayani di mobil yang sering disebut dengan kas keliling. Pada kenyataannya beberapa kantor kas terdapat juga costumer service walau prosesnya tetap akan dilakukan di KC atau KCP.

Baca Juga

PENGGABUNGAN USAHA BANK
Dalam dunia perbankan, faktor kepercayaan merupakan suatu hal yang sangat penting. Penilaian tingkat kesehatan bank juga akan mempengaruhi penilaian calon nasabah terhadap suatu bank. Bagi bank yang dinyatakan sehat, akan sangat menguntungkan. Tapi bagi yang tidak sehat disarankan untuk melaksanakan penggabungan usaha bank. Jenis penggabungan yang dapt dipilih dan yang biasa dilakukan di Indonesia adalah:

  1. Merger, merupakan penggabungan dua bank atau lebih dengan cara tetap mempertahankan berdirinya salah satu dari bank yang ikut merger dan membubarkan bank-bank lainnya tanpa melikuidasi terlebh dahulu.
  2. Konsolidasi, merupakan penggabungan dari dua bank atau lebih dengan cara mendirikan bank baru dan membubarkan bank-bank yang ikut konsolidasi tanpa proses likuidasi
  3. Akuisisi, merupakan penggabungan dengan Akuisisi ini merupakan pengambil-alihan kepemilikan suatu bank yang berakibat beralihnya pengendalian terhadap bank. Dalam penggabungan dengan bentuk akuisisi biasanya nama bank yang diakuisisi tidak berubah, yang berubah hanyalah kepemilikannya.


EmoticonEmoticon