Pertanyaan dan jawaban kerangka konseptual akuntansi sekotr publik (ASP)

PERTANYAAN DAN JAWABAN DARI KELOMPOK 4 MENGENAI

KERANGKA KONSEPTUAL AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Anggota Kelompok 4:

1.      Fittri Handayani (1302111221)

2.      Nur Fitasari (1302111197)

3.      Yuliana Hasibuan (1302110905))

 

1.      Irma (10) : Bagaimana kualitas audit sektor publik di Indonesia saat ini?

Jawab: Kualitas audit sektor publik di Indonesia saat ini dikatakan baik. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sangat berperan penting sebagai penyedia adanya audit di Indonesia. BPK melakukan audit pada sektor publik melalui auditor-auditor yang handal (senior) agar laporan keuangan sektor publik terhindar dari kecurangan dan penyimpangan yang merugikan sektor-sektor negara.

2.      Diyan (2) : Bagaimana cara/langkah untuk mengatasi halangan-halangan yang terjadi pada saat menciptakan perencanaan yang efektif?

Jawab: cara atau langkahnya yaitu:

-          Membantu individu menetapkan sasaran

Para manajer yang tidak memiliki pengetahuan organisasi atau lingkungan eksternalnya, memerlukan bantuan dalam mengembangkan system informasi yang baik. Bantuan dapat berupa program pengembangan manajemen dalam perusahaan untuk membantu dalam mengadakan hubungan informal dengan orang dari berbagai departemen, divisi, dan lokasi. Bilamana perencanaan merupakan proses yang di pahami dengan baik, maka akan lebih mudah bagi setiap individu untuk mengembangkan rencana guna mencapai sasaran tersebut.

-          Mengatasi perlawanan terhadap perubahan

Untuk mrngatasinya dapat dilakukan dengan cara melibatkan para karyawan yang akan terkena pengaruh dalam proses perencanaan. Kemudian dengan memberikan lebih banyak informasi kepada para karyawan tentang rencana dan kemungkinan akibat-akibatnya . selain itu juga, dengan menyadari dampak dari perubahan-perubahan yang diusulkan terhadap para anggota organisasi dan memperkecil gangguan yang tidak perlu.

-          Organisasi melakukan pelatihan manajemen untuk memberi pemahaman mengenai system yang tengah terjadi disekitar area organisasi.

-          Dalam membuat atau menyusun perencanaan, seluruh pihak dalam organisasi harus menyetujui dan mendukung perencanaan yang disusun baik itu manajemen atau pimpinan. Agar perencanaan efektif dapat dijalankan

 

3.      Feni angelina (2) : dari ketujuh siklus akuntansi sektor publik tahap mana yang sulit untuk dilaksanakan ?

jawab : menurut kelompok kami dari ketujuh tahap siklus akuntansi sektor publik tidak ada yang sulit jika mau mengerjakan karena tahap-tahap dalam sebuah siklus akans aling berkaitan atau berkesinambungan. Namun apabila dilihat daridasarnya ,tahap perencanaan merupakan tahap yang sangat menentukan enam tahap selanjutnya karena tahap perencanaan merupakan tahap dasar dari siklus akuntansi sektor publik. Dan pengumpulan dokumen, dokumen untuk tahap pelaporan sektor publik akan terasa sulit apabila organisasi memanipulasi data. Karena organisasi akan merekayasa data.

 

4.      Tria khairani ()  : apa saja kendala dalam pengakuan dan pengukuran dalam laporan keuangan akuntansi sektor publik ?

Jawab :

-            objektivitas, merupakan kendala utama dalam menghasilkan laporan keuangan yang relevan.

-            Konsistensi, mengacu pada penggunaan metode atas teknik akuntansi yang sama untuk menghasilkan laporan keuangan organisasi selama beberapa periode waktu secara berturutturut.

-            Materialitas, suatu informasi dianggap material apabila mempengaruhi keputusan atas informasi tersebutdihilangkan maka akan menghasilkan keputusan yang berbeda.

-            Ekonomis dalam penyajian laporan, penyajian laporan keuangan membutuhkan biaya semakin banyak informasi/transaksi yang disajikan semakin banyak biaya yang dibutuhkan.

 


EmoticonEmoticon