Pertanyaan dan jawaban akuntansi sektor publik

PERTANYAAN DAN JAWABAN KELOMPOK AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

1.      Apakah ada hubungan antara akuntansi sector publik dengan sector bisnis, dan sector social?

Jawaban : tentunya ada. Karena, Sektor publik memiliki peran yang sangat pengting dalam suatu Negara yang dampak berdampak pada sektor yang lain, yaitu sektor swasta maupun social.

Kegagalan sektor publik dalam bentuk kegagalan pemerintah (Government failure), kelumpuhan birokrasi, mafia hukum, kekacauan politik, perang, terorisme, korupsi, kolusi, dan nepotisme apat mengganggu sektor bisnis dan social yang dapat memicu kondisi kritis suatu bangsa. Oleh karena itu, untuk kemajuan ekonomi, social, politik, dan budaya bangsa maka pembangunan sektor publik harus terus dilakukan secara berkelanjutan dan tidak boleh diabaikan.

 

2.      Apakah yang dimaksud dengan audit kepatuhan? Apakah yang diaudit?

Jawaban : Audit Kepatuhan adalah proses kerja yang menentukan apakah pihak yang diaudit telah mengikuti prosedur, standar, dan aturan tertentu yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang. Jadi auditor hanya memastikan apakah proses kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur, standar, dan aturan tertentu tersebut.

Contoh :

Audit Kepatuhan terhadap proses pembangunan pembangkit tenaga listrik di Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pemerintah menunjuk auditor eksternal untuk mengaudit apakah proses berjalannya pembangunan tersebut sudah sesuai dengan kententuan-ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. tentu saja ada dokumen-dokumen legal yang mengatur akan hal tersebut, jadi tugas auditor adalah melakukan observasi dan penelitiaan apakah sudah sesuai dengan standar tersebut, dari segi Budget, pelaksaaan, penempatan, tim, dll.

 

 


EmoticonEmoticon