Kerangka Konseptual
SWOT atau TOWS
Konsep adalah
abstraksi atau gambaran yang dibangun dengan menggeneralisasi suatu pengertian. Kerangka
Teori atau Kerangka Pikir atau Landasan Teori
adalah kesimpulan dari Tinjauan Puskata
yang berisi tentang beberapa konsep teori yang dipergunakan atau berhubungan dengan penelitian yang akan dilaksanakan.
Berdasarkan Kerangka Teori diatas disusunlah
Kerangka Konsep yaitu suatu bagan
yang menggambarkan hubungan
antar konsep yang akan diteliti.
Ada lima langkah untuk melakukan analisis situasi perusahaan, antara lain:
§
Mengevaluasi seberapa
baik strategi yang saat ini sedang
bekerja. Ini dilakukan dengan melihat kinerja strategi perusahaan dan menentukan apakah berbagai strategi logis konsisten.
§
Melakukan analisis
SWOT. Kekuatan perusahaan adalah hal yang penting karena mereka dapat berfungsi
sebagai pondasi utama untuk strategi.
Kelemahan perusahaan adalah penting karena mereka dapat
mewakili kerentanan perusahaan yang perlu untuk dikoreksi. Peluang dari luar
dan ancaman ikut bermain karena
strategi yang baik bertujuan yang menangkap peluang yang menarik dan bertahan terhadap
ancaman yang berguna bagi kesejahteraan perusahaan.
§
Mengevaluasi posisi
biaya perusahaan dibandingkan terhadap pesaing (menggunakan konsep analisis biaya strategis dan biaya kerja
jika perlu). Strategi harus selalu bertujuan menjaga biaya cukup
sejalan dengan saingan untuk memelihara
kemampuan perusahaan secara menyeluruh
§
Mengakses posisi
kompetitif perusahaan dan kekuatan kompetitif.
Langkah ini melihat bagaimana sebuah perusahaan saingan cocok pada
faktor penentu utama keberhasilan kompetitif. Peringkat kekuatan kompetitif menunjukkan di mana letak sebuah perusahaan
yang kuat dan lemah; sebagai aturan, strategi bersaing sebuah perusahaan harus dibangun di atas kekuatan kompetitif dan merupakan upaya
untuk menopang daerah kompetitif yang rentan. Sebuah perusahaan memiliki potensi terbaik untuk serangan di daerah di mana perusahaan tersebut itu kuat dan
saingan lemah.
§
Menentukan beberapa
isu strategis dan masalah perusahaan
yang perlu dibahas. Tujuan dari langkah
analitis untuk mengembangkan agenda strategi
yang sempurna dengan menggunakan hasil dari kedua analisis
situasi perusahaan dan industri dan
analisis kompetitif. Langkah ini membantu
manajemen menarik kesimpulan tentang kekuatan dan kelemahan
strategi dan menentukan beberapa isu pembuat strategi
yang perlu dipertimbangkan.
Gambar 1 Gambaran
Kerangka Konseptual SWOT |
BACA JUGA: Langkah Pengukuran Analisis
SWOT dan TOWS
Dari Gambar
1 diatas dapat dikrtahui bahwa gambaran konseptual SWOT meliputi input,process,dan
output dapat dijelaskan sebagai berikut:
§
Input merupakan strategi
perusahaan saat ini, beserta faktor
internal (strength, weakness) faktor
eksternal (opportunity, threat) yang mempengaruhinya.
§
Process ¬merupakan beberapa
langkah analisis SWOT
§
Output merupakan strategi
baru dan solusi dari hasil
analisis SWOT yang dilakukan
untuk mengembangkan potensial perusahaan lebih maju
Kerangka Operasional
SWOT atau TOWS
Operasional adalah
seperangkat instruksi yang lengkap untuk menetapkan
apa yang akan
diukur dan bagaimana cara mengukur variabel. Jadi, kerangka operasional atau Kerangka Kerja
adalah kerangka yang menyatakan tentang urutan langkah dalam melaksanakan penelitian. Dalam analisis SWOT kerangka operasional merupakan urutan langkah menemukan sebuah strategi yang sesuai antara capabilities dan environment suatu organisasi atau perusahaan. Berikut ini merupakan gambaran
Kerangka Operasional SWOT, yaitu:
Gambar 2 Gambaran
Kerangka Operasional SWOT |
Dari Gambar
2 diatas dapat diketahui bahwa gambaran kerangka operasional
SWOT dapat dijelaskan
sebagai berikut:
§
Operasional sebuah
analisis SWOT diawali dengan mengidentifikasi faktor internal yaitu, Strength dan Weakness serta, faktor eksternal yaitu, Opportunity dan Threats suatu organisasi atau perusahaan
§
Melakukan pembobotan
dan ranking dari beberapa variabel yang mempengaruhi, kemudian merubahnya kedalam bentuk matrik sehingga
bisa menentukan posisi suatu organisasi
atau perusahaan tersebut berada di kuadran mana
§
Membuat kesimpulan
dan pemilihan strategi yang tepat yang sesuai dengan capabilities dan environment. Agar suatu organisasi atau perusahaan tersebut mampu bersaing dengan kompetitior yang lainnya.
§
Merealisasikan strategi
tersebut dalam suatu tindakan
EmoticonEmoticon