Makalah Pengantar Komputer Akuntansi

BAB II
PEMBAHASAN

SUATU PENGANTAR DARI TEKNOLOGI KOMPUTER
Tujuan pembelajaran dalam pembahasan ini, antara lain:
  1. Menguraikan pengaturan dan operasi dari unit hardware komputer.
  2. Menguraikan metode alternatif untuk mengumpulkan dan menyimpan data dalam sistem  computer.
  3. Memahami istilah dasar mengenai sistem operasi, aplikasi software pengguna dan bahasa computer.
  4. Memahami istilah dasar jaringan komunikasi dan konsep operasi.

Pengertian Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari Software, Hardware, sumber daya manusia, sumber infomasi dan prosedur pemrosesan yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan computer yang masing-masing komponen ini saling melengkapi. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi, supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya.

Hardware adalah perangkat keras komputer yang terdiri dari unit input (Pengisian/pengambilan data, contoh: Keyboard, Mouse, Scanner), unit proses (Pemroses data (RAM/ROM), Control Unit, Arithmetic & Logical unit) dan unit output (Bagian pengeluaran data. Software adalah perangkat lunak komputer untuk mengkontrol perangkat keras (hardware). Software atau program komputer berisi instruksi yang memerinthakan hardware untk menyelesaikan tugas ada.

Komputer hardware adalah bagian dari komputer yang meliputi CPU yaitu perangkat yang medukung prosesor perangkat yang medukung prosesor, penyimpan data, dan input dan output. Seperti yang tampak pada gambar berikut. Fungsi dari perangkat-perangkat ini sangat beragam, diantaranya sebagai alat input, alat output, perangkat pemroses data, dan juga sebagai alat tambahan/asesoris dengan beragam fungsi tambahan yang tidak selalu ada di semua sistem PC.

Super komputer adalah komputer yang paling cepat. Komputer tersebut sering sekali didinginkan oleh cairan khusus yang memungkinkan komputer tersebut bekerja cepat. Karena alasan ini Superkomputer tersebut di sebut Bubbles. Keunggulan dri komputer ini adalah kecepatannya dalam melakukan pemrosesan data bahkan ratusan miliar instruksi perdetik. Superkomputer biasanya digunakn untk menjalankan apliskasi yg bersifat angka2 dan grafik seperti simulasi cuaca. Komputer tersebut biasnya tidk digunakan dalam sistem informasi perushaan.
gambar hardware komputer

PERANGKAT PADA KOMPUTER
1. PERANGKAT KERAS

1.1 Motherboard
Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.
MotherboardGambar. Motherboard

1.2  Central Processing Unit (CPU)
Biasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. Fungsi dari CPU ini adalah memproses dan mengolah semua kalkulasi dan perintah-perintah yang membuat komputer dapat dioperasikan. Karena panas yang dihasilkannya, CPU selalu dilengkapi dengan kipas dan juga heat sink untuk mengurangi suhunya. Pada jenis-jenis CPU terbaru, sudah dilengkapi pula dengan Graphic Processing Unit (GPU) yang terintegrasi ke dalam CPU, sebagai pengolah data-data grafis.
CPUGambar. Central Processing Unit

1.3 Random Access Memory (RAM)
RAM berfungsi sebagai tempat transit data sementara untuk operasi-operasi yang tengah dijalankan oleh CPU. RAM bersifat volatile, artinya perangkat ini tidak meyimpan data secara permanen, hanya untuk operasi yang dibutuhkan saja. Kapasitas RAM pada PC yang sering kita temukan cukup beragam , mulai dari 256 MB (MegaBytes) – 16 GB (GigaBytes).
Random Access Memory (RAM)Gambar. Random Access Memory

1.4 Video Graphic Array (VGA)
VGA card atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.
VGA CardGambar. Video Graphic Array (VGA)

1.5 Hard Disk Drive (HDD)
Hard-disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data utama dalam sebuah sistem komputer. Sistem Operasi , aplikasi, dan dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. Pada PC terbaru, ada juga perangkat keras baru yang bernama Solid State Drive (SSD). Fungsinya sama seperti hard-disk, namun menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

1.6  Optical Disc Drive
Optical drive biasa juga dikenal dengan nama CD Drive, DVD Drive atau ODD. Fungsi dari perangkat ini adalah untuk membaca dan juga menyimpan data dari dan ke media cakram optik seperti CD , DVD, atau Blu-Ray Disc.

1.7 Power Supply Unit (PSU)
Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing. 

Selain dari perangkat keras komputer yang terdapat di dalam casing, ada juga komponen-komponen yang umum kita lihat diluar casing.

Monitor
Disebut juga screen atau display. Fungsi dari layar monitor adalah untuk menampilkan video dan informasi grafis yang dihasilkan dari komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

Keyboard dan Mouse
Keyboard dan mouse berfungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Ukuran dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.

Diluar komponen-komponen yang sudah kita sebut diatas, ada pula perangkat keras komputer yang tidak semua komputer memilikinya:

Uninterruptable Power Dan Supply (UPS)
Sering disebut juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama UPS adalah menyimpan dan menyediakan cadangan listrik yang akan digunakan ketika sumber listrik utama padam. Selain sebagai cadangan listrik, kebanyakan UPS juga berfungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Printer dan Scanner
Printer berfungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik bentuk teks maupun grafis. Pada komputer rumahan biasanya menggunakan kertas sebagai media cetaknya. Sedangkan fungsi scanner adalah kebalikan dari printer yaitu memindai input data dari luar komputer ke dalam bentuk elektronik yang dapat diolah secara digital.

2. PERANGKAT LUNAK
Komputer tidak akan lepas dari perangkat lunak (software) karena merupakan salah satu bagian terpenting dari komputer itu sendiri. Komputer merupakan sistem elektronik yg fungsinya memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yg telah di rancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yg tersimpan di memori (stored program).

Agar dapat melakukan tugasnya itu maka diperlukanlah perangkat lunak (software), mengapa harus software (perangkat lunak)? yuk kita baca pengetian nya supaya mengetahui jawabannya.

2.1 Pengertian Perangkat Lunak (Software) Komputer.
Pengertian perangkat lunak (software) komputer adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yg dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

2.2 Fungsi Perangkat Lunak (Software)
Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah. Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.

2.3 Golongan Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak pada sistem komputer terbagi dalam beberapa kategori sesuai dengan jenis dan fungsinya. Berikut ini saya jelaskan contoh macam-macam perangkat lunak (software ) beserta pengertian tiap-tiap perangkat Lunak (software) yang umum ditemui dalam sistem komputer.

2.3.1  Sistem Operasi (operating system)
Sistem operasi adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain sebagainya. Sistem operasi ini berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan.

Software sistem operasi merupakan suatu software komplek yg mempunyai banyak fungsi.

  • Fungsi yg pertama adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU.
  • Fungsi yang kedua adalah menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
  • Fungsi yang ketiga adalah mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU.
Sistem operasi juga berfungsi sebagai tempat atau platform untuk menjalani suatu software aplikasi. Contoh program berbasis windows hanya dapat dijalankan di pada sistem operasi windows tidak dapat dijalankan di linux kecuali menggunakan program converter.

Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software sistem operasi yg dapat di gunakan seperti dari perusahaan yang paling terkenal sebagai pembuat sistem operasi yaitu “Microsoft” yg dimiliki oleh orang terkaya didunia “Bill Gates” dan beberapa produk yg sudah diluncurkan di antaranya adalah Microsoft Windows (Windows 98, Windows 2000, Windows XP, dan Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8) sedangkan pesaingnya  ada dari Linux (Mandrake, Ubuntu, dan Redhat) dan juga dari Apple.

2.3.2   Program Aplikasi (Application Software)
Adalah suatu subkelas perangkat lunak (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

Program aplikasi merupakan software yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi merupakan software yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, seperti untuk membuat surat, mendengarkan musik, menonton film, menghitung sejumlah angka, dan masih banyak lagi. Contoh program aplikasi seperti Microsoft word, excel, power point, Winamp, Media player classic, calculator, dll.

2.3.3   Bahasa Pemrograman (Computer Language)
Adalah istilah alternatif dan lebih luas cakupannya daripada istilah bahasa pemrograman yang biasa digunakan. Bahasa pemrograman merupakan bagian dari bahasa komputer, demikian halnya dengan jenis bahasa lainnya. Contohnya, HTML adalah suatu bahasa markah dan bahasa komputer, tapi secara tradisional tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman.

Bahasa komputer pada dasarnya dibagi menjadi dua kelompok: bahasa tingkat tinggi dan bahasa tingkat rendah. Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang mudah dimengerti oleh manusia, terutama terdiri dari blok-blok kode tereksekusi, yang terutama mengambil keputusan tertentu yang menentukan arah atau alur suatu program. Suatu kompilator mengubah dari bahasa tingkat tinggi ini menjadi kode yang dimengerti oleh komputer. Kebanyakan perangkat lunak modern dibuat dengan bahasa tingkat tinggi, yang dirakit menjadi kode rakitan tingkat rendah, yang selanjutnya dikompilasi menjadi instruksi mesin.

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Bahasa pemrograman yang umum digunakan adalah sebagai berikut:

1.    HTML / CSS
Banyak yang tidak menggaggap ini bagian dari bahasa pemrograman, tetapi jika dalam pandangan program dalam web yakin HTML / CSS adalah dasar dari semua itu, jadi jika Anda ingin belajar membuat web  statis pertama Anda pasti akan belajar HTML / CSS dasar.

2.    JavaScript
JavaScript adalah cara yang sangat populer untuk menambahkan fitur interaktif untuk halaman web dan aplikasi. Ini adalah salah satu bahasa yang paling mudah untuk belajar dan dapat digunakan untuk apa saja seperti data formulir validasi untuk mengembangkan permainan, menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk pemula.

3.    PHP
Bahasa pemrograman yang digunakan terutama untuk mengembangkan halaman web dinamis. Ini berarti bahwa pada membuat file terpisah untuk panggilan sekarang halaman penuh dari situs kode, Anda dapat menulis satu set aturan untuk akses dan menampilkan informasi dari database yang kemudian dapat membuat halaman dan memanggil mereka ketika mereka dibutuhkan.

4.    C + +
Dikembangkan untuk menambahkan fitur berorientasi objek bahasa C, dengan penambahan kelas dan fitur lainnya. C + +, yang yang sekarang digunakan, berbagai konfirmasi Instan aplikasi. Belajar C + + juga memiliki keuntungan bahwa itu adalah mudah untuk belajar bahasa lain C adalah C # dan C. Semua bahasa C Umumnya dianggap sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah.

5.             C #
Diucapkan C Sharp, bahasa ini diciptakan oleh Microsoft dalam kerangka NET. Jika Anda ingin menulis sebuah jendela aplikasi, atau terutama jika Anda ingin menulis kode untuk perangkat lunak desktop, ini sangat penting. Ini adalah tujuan OOP umum banyak kesamaan dengan bahasa C tua.

6.             C
Hal ini digunakan oleh versi C dari sistem operasi Apple serta sejumlah kecil aplikasi lain. Jika Anda ingin mengkhususkan diri dalam menulis kode untuk produk Apple maka ini adalah program yang Anda butuhkan untuk menguasai.

7.             Python
Sangat populer di komunitas ilmiah dan akademik, tetapi juga telah digunakan untuk make situs populer seperti Pinterest. Hal ini relatif mudah untuk belajar Dibandingkan dengan sesuatu seperti C atau turunannya, namun masih sangat fleksibel dalam hal apa yang dapat Anda lakukan dengan itu.

8.             Java
Digunakan oleh Google sebagai bagian integral dari sistem operasi Android, dan oleh pengembang independen untuk membuat aplikasi android (dan penggunaan lainnya). Java diciptakan dengan “tulis sekali, jalankan di mana saja” (WORA) pendekatan untuk memfasilitasi kode yang ditulis pada satu mesin untuk berjalan di komputer lain.

9.             Ruby
Ini adalah OOP murni populer dari Jepang. Tidak banyak yang bisa saya jelaskan tentang yang satu ini karena saya tidak pernah memakainya.

10.         Visual Basic
Berasal dari ‘BASIC’, yang sangat populer di hari-hari awal komputasi personal, Visual Basic (VB) memungkinkan program sederhana yang akan dibuat dengan cepat dan mudah, sementara juga memungkinkan untuk coding yang lebih kompleks

3. KOMPUTER AKUNTANSI
Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia industri saat ini menyebabkan sebuah instansi dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai penunjang utama dari perkejaan instansi tersebut. Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu bidang teknologi informasi (TI) yang didukung dengan kemampuan dan penguasaan dalam bidang Akuntansi.

Pengertian sistem informasi akuntansi (SIA) itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan prosedur untuk mengumpulkan mengklarifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan informasi dalam sebuah bisnis. Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.

SIA mempunyai fungsi penting dalam sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang sebuah aktifitas dan juga transaksi, kedua memproses data menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan yang ketiga untuk melakukan asset diperusahaan secara tepat.

3.1 Komputerisasi Akuntansi
Adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga

3.2  Aplikasi Komputer Akuntansi
Banyak jenis-jenis aplikasi yang digunakan untuk akuntansi, disini saya akan menyebutkan beberapa aplikasi program/software akuntansi:

  • KRISHAND
  • ACCURATE V3 Standard
  • K-Sistem Indonesia
  • SAGE ACCPAC ERP
  • MYOB Accounting
  • Microsoft Office Excel
  • DacEasy Accounting (DEA)
  • Payroll
  • Zahir Accounting
Dari banyaknya aplikasi diatas MYOB Accounting merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA). Ada beberapa hal yang menjadikan lembaga pendidikan mengunakan MYOB Accounting

  1. User Friendly (mudah digunakan)
  2. Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
  3. Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
  4. Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
  5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
  6. Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
  7.  Sudah teruji dibeberapa Negara maju dan berkembang lainnya.
MYOB terdapat tiga versi yang beredar di Indonesia yaitu MYOB basic, MYOB Accounting, MYOB Primer. MYOB basic adalah varian MYOB yang paling sederhana dan paling murah. Penggunaanya tidak disarankan untuk perusahaan dengan transaksi yang rumit dan menginginkan laporan keuangan yang lengkap. Dalam MYOB basic, tidak ada modul Inventory, tidak ada modul Pembelian, kartu stock, laporan utang, dan tidak bisa send to excel secara otomatis.

MYOB Accounting yang saat ini beredar adalah MYOB versi 18. Satu perbedaan mencolok antara MYOB Basic dengan MYOB Accounting adalah, MYOB Accounting sudah dilengkapi dengan fitur untuk melacak persediaan. Secara konsep akuntansi disebut sebagai catatan persediaan perpetual. Jadi setiap ada mutasi barang akan terlacak (barang masuk akibat pembelian atau retur penjualan, maupun barang keluar akibat penjualan atau retur pembelian).

MYOB Premier adalah varian MYOB dengan fitur terlengkap. Perbedaan utama antara MYOB Premier dengan MYOB Accounting adalah fasilitas MYOB premier untuk menangani transaksi multicurrency, fasilitas untuk melacak mutasi antar gudang, serta fasilitas multiuser.

3.3 Manfaat Komputer Akuntansi
Manfaat dan keuntungan dari komputerisasi akuntansi adalah

  1. Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
  2. Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.
  3. Meningkatkan efisiensi
  4. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  5. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  6. Menambah efisieansi kerja di bagian keuangan
  7. Meningkatkan sharing knowledge.
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Sistem informasi akuntansi dalam perusahaan yang sudah didukung oleh teknologi informasi (SIA berbasis komputer) merupakan bagian dari sistem yang ada yang dapat memberikan informasi bagi semua tingkat manajemen, mulai dari manajemen tingkat atas (Top Level Management) seperti direktur dan Eksekutif, manajemen menengah (Midle Level Management) seperti kepala cabang, divisi serta manajemen tingkat bawah (Lower Level management) seperti mandor, supervisor.

Adapun unsur-unsur yang ada dalam fungsi layanan computer adalah:

1. Pemrosesan Data Terpusat (Centralized Data Processing).
Semua data dilakukan oleh satu atau lebih computer besar yang ditempatkan di sebuah lokasi pusat dan melayani para pengguna di seluruh perusahaan. Fungsi layanan computer biasanya diperlakukan sebagai pusat biaya yang biaya operasionalnya dibebankan kembali kepada para pengguna akhirnya.

2.  Administrasi Basis Data.
Perusahaan yang diatur secara terpusat memelihara sumberdaya datanya dalam lokasi terpusat yang digunakan bersama oleh pengguna akhir.

3. Pemrosesan Data.
Kelompok pemrosesan data mengelola sumberdaya computer yang digunakan untuk pemrosesan rutin transaksi. Ini terdiri atas berbagai fungsi organisasional berikut:

  • Pengendalian data (data control): sebagai perantara antara pengguna akhir dengan pemrosesan data.
  • Konversi data (data conversion): menyalin data transaksi dari bentuk dokumen kertas ke dalam media magnetis / disket yang sesuai untuk diproses oleh computer.
  • Perpustakaan data (data library): Ruang yang bersebelahan dengan pusat computer dan yang menyediakan tempat penyimpanan yg aman bagi file data yang tidak aktif.
4. Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem
Kebutuhan sistem informasi para pengguna dipenuhi melalui dua fungsi yang saling berhubungan. Para partisipan dalam pengembangan sistem meliputi :

  • Professional sistem meliputi analisis sistem, desainer basis data, dan pemograman yang mendesain dan membangun sistem. Hasil usaha mereka adalah sistem informasi yang baru.
  • Pengguna akhir adalah bagi siapa sistem dibangun. Mereka adalah para manajer yang menerima lpaoran dari sistem dan para personel operasional yang bekerja secara langsungdengan sistem tersebut sbagai tanggungjawab harian mereka.
  • Pemegang kepentingan adalah orang-orang yang memiliki kepentingan atas sistem tersebut tapi bukan pengguna akhirnya. Meliputi: akuntan,auditor internal dan eksternal, dan pihak lain yang mengamati perkembangan sistem.
5.  Pemrosesan Data Terdistribusi
Alternative dari model terpusat adalah konsep pemrosesan data terdistribusi ( distributed data processing - DDP). DDp melibatkan pengaturan ulang fungsi layanan computer menjadi unit pemrosesan informasi (information processing unit – IPU) kecil yang didistribusikan ke para pengguna akhir dan ditempatkan di bawah kendali mereka. IPU dapat didistribusikan berdasarkan fungsi bisnis, lokasi geografis. Dalam tahun-tahun terakhir ini, DDP telah menjadi kemungkinan ekonomi dan operasional dan telah mengubah secara revolusioner operasi bisnis.
Kelemahan DDP :

  • ·           Hilangnya kendali
  • ·            Perusakan jejak audit
  • ·            Pemisahan pekerjaan yang tidak memadai
  • ·           Peningkatan potensi kesalahan pemograman dan kegagalan sistem
  • ·            Kurangnya standar
Keuntungan DDP :

  • Penghematan biaya: Mikrokomputer dan minicomputer yang canggih tetapi mahal,yang dari segi biaya efektif untuk melakukan fungsi khusus, telah mengubah nilai nilai ekonomi pemrosesan data secara dramatis. Perpindahan ke DDP dapat mengurangi biaya dalam dua area lainnya:
    • data dapat dimasukkan dan diedit dalam IPU, dan
    • kompleksitas aplikasi dapat dikurangi.
  • Peningkatan kepuasan pengguna: Hal ini didasarkan dari tiga area kebutuhan yang seringkali dibiarkann tak terpenuhi dalam pendekatan terpusat:
    • Pengguna berkeinginan untuk mengendalikan sumberdaya yang mempengaruhi profitabilitasnya
    • pengguna menginginkan professional sistemyang responsive sesuai situasi pengguna.
    • pengguna ingin terlibat lebih aktif dalam pengembangan dan implementasi sistem yang digunakannya.
  • Peningkatan efisiensi operasional: Dengan melihat keterkaitan antara Sistem Informasi Akuntansi dengan layanan komputer maka dapat dikatakan bahwa sekarang sistem informasi akuntansi sudah berbasis komputer. Maka dari itu harus dibahas juga tentang basis data, modelling dan aplikasi yang merupakan komponen pengolahan data didalam sistem informasi akuntansi berbasis komputer.

BAB III
KESIMPULAN
Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kesatuan struktur dalam perusahaan seperti kegiatan bisnis perusahaan dan sumber-sumber fisik serta komponen lain yang ditransfomasikan dari data ekonomi menjadi informasi akuntansi yang bertujuan untuk memuaskan para pengguna informasi.

Pada masa sekarang ini Sistem Informasi Akuntansi sangat berkaitan dengan fungsi layanan komputer. Berbagai aktivitasnnya seperti pemprosesan data, administrasi basis data,dan yang lainya dapat diatur dalam sejumlah cara yang berbeda dengan layanan komputer.

Sistem informasi akuntansi dalam perusahaan yang sudah didukung oleh teknologi informasi (SIA berbasis komputer) merupakan bagian dari sistem yang ada yang dapat memberikan informasi bagi semua tingkat manajemen, mulai dari manajemen tingkat atas (Top Level Management) seperti direktur dan Eksekutif, manajemen menengah (Midle Level Management) seperti kepala cabang, divisi serta manajemen tingkat bawah (Lower Level Management) seperti mandor, supervisor.

Dengan melihat keterkaitan antara Sistem Informasi Akuntansi dengan layanan komputer maka dapat dikatakan bahwa sekarang sistem informasi akuntansi sudah berbasis komputer. Maka dari itu harus dibahas juga tentang basis data, modelling dan aplikasi yang merupakan komponen pengolahan data didalam sistem informasi akuntansi berbasis komputer.


EmoticonEmoticon