Alasan-alasan Yang Mendorong Seseorang Membutuhkan Uang.

"Lagi lagi uang... uang.... pikir pikir uang... ini zaman uang... " sebuah lirik lagu dangdut Abiem Ngesti dengan judul lagu zaman uang. Ya memang membicarakan uang memang tidak ada habisnya, terdiri dari 4 huruf U, A, N, dan G. Membuat mata manusia hijau jikalau melihatnya dalam jumlah yang besar. Apakah kalian membutuhkan uang? Tentu saja, semua orang membutuhkannya. Yakni untuk memenuhi segala kebutuhan hidup kita, pepatah mengatakan "ada uang abang di sayang, tak ada uang abang di tendang"  begitulah bunyi pepatah yang cukup nyentrik di kalangan masyarakat, sehingga tak ayal ini membuat orang pun berusaha mendapatkan uang dengan berbagai cara. 

Nah berikut ini ada beberapa alasan mengapa seseorang membutuhkan uang. Berikut ini alasan-alasan yang mendorong seseorang membutuhkan uang.

1)  Motif Transaksi
Setiap orang mempunyai berbagai macam kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhannya, seseorang membutuhkan uang. Uang yang dimiliki digunakan untuk transaksi jual beli. Kalau kalian ingin membeli buku tulis, tentu kalian memerlukan uang untuk memperolehnya.

Baca Juga

2)  Motif Berjaga-jaga
Selain untuk melakukan transaksi, alasan seseorang membutuhkan uang adalah untuk berjaga-jaga. Mengapa? Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Apakah selalu dalam kondisi baik atau sebaliknya. Oleh karena itu, untuk menghadapi keadaan tersebut, seseorang menyisihkan sebagian uangnya untuk disimpan sehingga ia akan lebih siap menghadapi keadaan di masa yang akan datang.

3)  Motif Spekulasi
Biasanya orang yang memegang uang dalam jumlah banyak akan melakukan transaksi yang sifatnya spekulasi. Misalnya uang yang mereka miliki digunakan untuk membeli saham pada perusahaan tertentu yang dinilai bisa memperoleh keuntungan yang besar, meskipun dengan risiko yang tinggi karena sifatnya yang tidak pasti.


EmoticonEmoticon